MENGENAL BUAH SALAK, BUAH ASLI INDONESIA YANG DIHASILKAN OLEH TANAMAN DARI KELUARGA PALMA

Buah Salak Yang Dihasilkan Oleh Tanaman Palma

Buah Salak Yang Dihasilkan Oleh Tanaman Palma

Informasi Tentang Salak Yang Merupakan Keluarga Tanaman Palma

Salak adalah nama dari buah tropis asli Indonesia yang dihasilkan oleh tanaman palma dengan kulit bersisik rapat berukuran kecil yang saling terkait berwarna coklat tua hingga degradasi kecoklat muda. Karena sisik-sisiknya ini, buah salak disebut sebagai snake fruit dalam Bahasa Inggris. Buah salak menempel pada sebuah tangkai atau tandan besar dengan jumlah hingga puluhan. Pada kulit buahnya juga menempel duri-duri kecil yang mudah untuk rontok. Buah ini dihasilkan oleh tanaman dari keluarga palma atau yang lebih dikenal dengan sebutan tanaman palm-palman (Aracaceae). Untuk nama ilmiah dari tanaman ini adalah Salacca zalacca. Tanaman salak memiliki batang tunggal yang sangat pendek, hingga untuk mengambil buahnya tidaklah memerlukan tangga. Namun, pada tangkai daunnya, tumbuhan ini memiliki duri yang tajam, besar dan kuat. Sehingga perlu hati-hati ketika akan memanen buahnya.

Sebagai buah lokal, buah salak memiliki harga yang relatif terjangkau. Untuk satu kilogram buah salak, harganya berkisar diangka Rp. 20.000,00 saja. Daging buah juga menjadi bagian dari buah salak yang dimanfaatkan sebagai sumber pangan seperti kerabatnya dari tanaman palma seperti kelapa, aren, lontar, kurma dan lain sebagainya. Namun, daging dari buah ini membungkus biji monokotil pada bagian dalamnya seperti buah kurma. Dalam satu buah salak, terdapat 3 potongan daging buah dengan ukuran yang beragam, ada yang seragam, ada yang hanya besar satu potongan dengan dua potongan yang kecil, serta besar dua dan satu kecil. Potongan daging salak yang sudah besar memiliki biji pada bagian dalam yang keras berwarna coklat.




Daging dari buah salak biasa dimakan secara langsung ketika sudah tua. Salak yang sudah tua memiliki rasa manis, tetapi ada juga yang memiliki sedikit rasa getir atau sepat, contohnya salak bali. Daging salak juga bisa diolah menjadi manisan, asinan, keripik, dodol, kopi, campuran puding, dan lain sebagainya. Umbut atau bakal pucuk dari tanaman salak juga dapat dimakan dan dijadikan sayur. Begitupun dengan salak muda yang bisa diolah menjadi sayur. Buah yang satu ini juga dikenal sebagai buah dengan daging yang ampuh untuk mengobati diare. Dan ketika terlalu banyak memakan daging buah ini bisa menyebabkan sembelit atau kesulitan buang air besar.

Indonesia memiliki begitu banyak varietas salak. Pertanian buah salak terpusat di Pulau Jawa dengan Yogyakarta sebagai wilayah yang memiliki variasi spesies terbanyak. Di Yogyakarta tidak hanya terdapat salak pondoh yang terkenal sebagai varietas unggul dengan rasa daging buah yang manis. Ada juga salak gading dan salak kembang arum yang juga terdapat di Yogyakarta. Sedangkan untuk jenis salak lain, yang familiar adalah salak Bali dari Bali, Salak Sumatera, Salak Condet dari DKI Jakarta, serta salak Penjalinan dari Bangkalan, Jawa Timur.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Mengenal Buah Salak, Buah Asli Indonesia Yang Dihasilkan Oleh Tanaman Dari Keluarga Palma”. Tulisan ini merupakan pemikiran penulis berdasarkan pada pengetahuan, pengamatan, dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Wikipedia. “Salak”. https://id.wikipedia.org/wiki/Salak (diakses 03 November 2021).