KUDA LAUT, SI IKAN UNIK YANG MEMILIKI HARGA JUAL TINGGI

Kuda Laut Memiliki Harga Jual Tinggi

Begitu banyak jenis ikan yang berada dilautan dengan warna dan bentuk yang beragam. Kuda laut menjadi salah satu jenis ikan yang tidak memiliki bentuk layaknya ikan pada umumnya. Kuda laut yang memiliki penampilan unik serta menawan ini juga memiliki harga jual tinggi. Ia diperjual-belikan untuk kebutuhan pengobatan dan juga ikan hias di akuarium.

Informasi Tentang Kuda Laut

Kuda Laut Memiliki Harga Jual Tinggi
Sumber Gambar : https://id.wikipedia.org/wiki/Kuda_laut

Kuda laut merupakan kelompok ikan kecil dari genus Hippocampus dengan familia Synghathidae. Terdapat sekitar 54 spesies kuda laut di dunia. Sekitar 9 spesies terdapat di Indonesia, diantaranya: Hippocampus barbouri, Hippocampus bargibanti, Hippocampus comes, Hippocampus kelloggi, Hippocampus trimaculatus, Hippocampus kuda, Hippocampus histrix, Hippocampus spinosissimus, Hippocampus potohi, Hippocampus severnsi, Hippocampus satomiae, dan Hippocampus denise. Habitat yang disukai hewan ini adalah sekitar karang. Ukuran terpanjang dari spesies terbesar kuda laut dengan nama ilmiah Hippocampus denise dapat mencapai panjang 35 cm. Disebut sebagai kuda laut, sebab ikan ini memiliki kepala seperti kuda. Sebutan dalam bahasa Inggris dari hewan ini juga sea horse (kuda laut).

Hewan air ini tidak memiliki sisik. Tubuhnya ditutupi dengan kulit tebal dengan jumlah kerangka yang banyak. Tulang-tulang luarnya ini juga terlihat begitu menonjol dibandingkan dengan kulitnya. Pada bagian punggung, tulang juga sampai ke luar seperti duri yang tajam dengan kegunaan untuk melindunginya dari pemangsa. Tulang juga membentuk mahkota kecil pada bagian kepala si kuda laut. Ia termasuk dalam kategori ikan mulut tabung (tube mouthed fishes), dimana mulutnya seperti tabung atau pipa panjang yang digunakan untuk memperoleh makanan.




Sebagai jenis ikan, ia memiliki insang berukuran kecil dibagian kepala. Didepan insangnya terdapat sirip kecil. Masing-masing satu pada sisi kanan dan kiri wajah si kuda laut. Sirip lainnya terdapat pada punggung, yang menjadi sirip terbesar dan terpanjangnya. Kemudian satu sirip lagi berada dekat dubur. Kuda laut beraktivitas dengan berdiri tegak. Ia memiliki tulang yang kuat untuk menopang badannya. Ia memiliki perut yang membuncit. Dibawah perut, si jantan memiliki kantong untuk mengerami telur. Sedangkan si betina tidak memiliki kantong ini. Tentu hal ini cukup unik karena berbeda dengan anatomi hewan lainnya. Dimana si pejantan yang mengerami dan menjaga telur. Pada bagian bawah terdapat ekor dengan ujung yang sering menggulung. Ujung ekor ini juga bisa digunakan untuk mencengkeram atau berpegangan.

Kuda laut juga menjadi salah satu komoditas hasil laut yang diperdagangkan dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Ia dijual dalam keadaan mati dan kering untuk menjadi obat tradisional, khususnya di China. Sedangkan untuk kuda laut hidup biasa dijual untuk dinikmati keindahan tubuh dan perilakunya dengan dipelihara di akuarium air asin (laut). Karena harganya yang tinggi, ia pun banyak diburu dan diperdagangkan. Pemerintah Indonesia pun membatasi serta mengawasi ekspor kuda laut melalui dinas-dinas terkait.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Kuda Laut, Si Ikan Unik Yang Memiliki Harga Jual Tinggi”. Tulisan ini merupakan pemikiran penulis berdasarkan pada pengetahuan, pengamatan, dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Wikipedia. “Kuda Laut”. https://id.wikipedia.org/wiki/Kuda_laut (diakses 12 Desember 2021).

Kementerian Kelautan Dan Perikanan RI. Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir Dan Laut Padang. “Kuda Laut”. https://kkp.go.id/djprl/bpsplpadang/page/311-kuda-laut

Kementerian Kelautan Dan Perikanan RI. Loka Pengelolaan Sumber Daya Pesisir Dan Laut Sorong”. “Kuda Laut”. https://kkp.go.id/djprl/lpsplsorong/page/2382-kuda-laut