MELIHAT TANDA-TANDA KACANG TANAH SIAP PANEN

Kacang tanah ini pun menjadi salah satu bahan pangan serealia yang familiar. Di Indonesia sendiri, ada begitu banyak cara untuk mengolah kacang tanah menjadi makanan. Tanaman kacang tanah menjadi salah satu tanaman pertanian yang dibudidayakan oleh sebagian kecil petani di Negara kita. Kacang tanah sedikit berbeda dengan kebanyakan jenis kacang, polong berada di dalam tanah. Hal Ini sedikit berbeda dengan kebanyakan jenis polong tanaman kacang. Untuk melihat kondisi kacang yang sudah berisi dan siap panen pun perlu sedikit pengamatan. Meski demikian, untuk melihat tanda-tanda kacang tanah yang siap dipanen mudah kok. Lihat saja pada tulisan dibawah ini !



Melihat Tanda-tanda Kacang Tanah Yang Siap Dipanen

Tanaman ini normalnya akan memiliki polong yang telah berisi biji kacang dan siap dipanen saat telah berumur ± 30-40 hari setelah tumbuh. Jadi ketika telah sampai usia ini, maka anda perlu melihat tanaman dan kacang, apakah sudah bisa dipanen atau belum. Untuk tanda-tanda dari tanaman yang kacangnya sudah siap dipanen, diantaranya:

  1. Bunga pada tanaman kacang tanah sudah layu dan rontok. Meski bunganya tidak menghasilkan buah, tapi bunga dari tumbuhan ini bisa menjadi tanda kalau tanaman sudah memiliki umbi polong yang berisi dan bisa dipanen.
  2. Tanda kedua dari kacang tanah yang siap dipanen adalah daun tanaman yang berubah warna menjadi kuning, lalu rontok. Memang tidak semua daunnya rontok. Tapi setidaknya jika jarak antara daun terbawah dengan tanah sudah jauh, maka bisa jadi pertanda bahwa tanaman sudah berumur tua dan memiliki umbi polong.
  3. Tumbuhan kacang tanah yang sudah tua dengan polong yang banyak dan berisi serta telah berumur tua akan melambat perkembangannya atau bahkan sudah tidak bertambah tinggi lagi. Hal ini karena nutrisi yang terdapat pada kacang sudah dialihkan ke umbi polong dan untuk membesarkan polong serta biji kacang tanah.
  4. Ketika tandah-tanda diatas kurang cukup kuat untuk meyakinkan anda bahwa kacang tanah siap diambil, maka bisa dengan cara mencabut beberapa tanaman secara acak ditempat yang berjauhan. Hal ini untuk melihat apakah tanaman kacang tanah telah memiliki polong yang berisi atau belum. Setelah dirasa siap panen (polong telah banyak yang berisi, beberapa buah polong tidak berisi atau gento juga hal yang wajar), anda bisa mencabut keseluruhannya di ladang dan tentunya dengan tujuan untuk mendapatkan polong kacang tanah.Cara ini cukup bisa diandalkan, sebab ketika ditanam dalam masa yang bersamaan, normalnya juga akan memiliki polong dan berisi secara bersamaan.
  5. Untuk ciri kacang tanah yang tua dan berkualitas diantaranya kulit yang keras dan halus, ada yang beralur dan ada yang sedikit polos. Kemudian jika dikupas, biji juga besar dan memenuhi ruang pada polong, hingga kulit biji tampak kering dan tidak berair. Dan untuk polong yang berkualitas tentunya yang berukuran besar. Untuk mengenal lebih dalam tentang ciri-ciri kacang tanah yang berkualitas, bisa anda lihat melalui link dibawah ini :

https://www.indonesianfarm.info/ciri-ciri-yang-dapat-digunakan-untuk-memilah-kacang-tanah-berkualitas/

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Tanda-tanda Kacang Tanah Siap Dipanen. Tulisan ini merupakan pemikiran penulis berdasarkan pada pengetahuan, pengamatan, dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.