BEBERAPA PERBEDAAN ANTARA BERAS MERAH DAN KETAN HITAM, BAIK YANG MASIH BERUPA BERAS ATAU YANG TELAH DIOLAH MENJADI NASI

Penulis sudah pernah menulis tentang perbedaan antara ketan dan nasi, yang mana keduanya berasal dari beras putih dan ketan putih. Untuk sekarang, yang akan dibahas oleh penulis adalah perbedaan antara beras merah dan ketan hitam, baik yang masih berupa beras atau juga yang sudah berupa nasi.

Beras merah dan ketan hitam menjadi bahan pangan non pokok selain nasi. Hal ini karena keduanya, yaitu beras merah dan ketan hitam memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan beras biasa. Mungkin ada orang-orang yang tidak mengetahui perbedaan dari beras merah dan juga beras ketan hitam. Padahal untuk membedakan kedua jenis beras ini tidaklah sulit. Untuk lebih mengenal beras merah dan ketan hitam, baca saja tulisan dibawah!

Mengenal Perbedaan Antara Beras Merah Dengan Ketan Hitam

  • Warna

Hal pertama yang bisa anda gunakan untuk mengetahui perbedaan dari beras merah dengan ketan hitam adalah dari warnanya, baik warna saat masih berupa beras maupun ketika telah dimasak. Beras merah memiliki warna merah terang dan transparan. Kemudian ketika dimasak menjadi nasi akan memiliki warna merah dan biasa disebut sebagai nasi merah. Sedangkan untuk beras dari ketan hitam memiliki warna merah gelap hingga hitam serta biasa disebut dengan ketan hitam. Lalu ketika telah dimasak, ia akan memiliki warna merah gelap hingga kehitaman.

  • Rasa

Dari segi rasa, ada juga perbedaan antara nasi merah yang mana berasal dari beras merah dan juga nasi ketan hitam. Nasi merah memiliki rasa cenderung tawar (hambar/tanpa rasa). Untuk jenis nasi yang dibuat dari beras ketan hitam memiliki rasa sedikit manis.

Pada pengolahan kedua beras ini menjadi bubur juga memiliki perbedaan rasa yang biasa dibuat oleh orang-orang. Bubur nasi merah biasa dibuat dengan rasa asin gurih. Sedangkan untuk bubur ketan hitam biasa dibuat dengan rasa manis atau sedikit asin jika diberi kuah.



  • Tingkat Lengket

Dinilai dari tingkat lengketnya nasi dari beras merah dengan nasi ketan hitam juga berbeda. Nasi dari ketan hitam akan lebih lengket jika dibandingkan dengan nasi merah. Dengan adanya hal ini, maka nasi ketan hitam akan lebih mudah menempel dibandingkan dengan nasi merah.

  • Harga

Dilihat dari harganya, harga lebih mahal dari beras biasa, namun masih lebih murah jika dibandingakn dengan beras ketan biasa dan juga ketan hitam. Lalu untuk beras ketan hitam, harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan beras putih atau merah, dan ketan putih.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Beberapa Perbedaan Antara Beras Merah Dan Ketan Hitam. Baik Yang Masih Berupa Beras Atau Yang Telah Diolah Menjadi Nasi. Tulisan ini merupakan pemikiran penulis berdasarkan pada pengetahuan, pengamatan, dan juga dari referensi yang penulis ketahui. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.