KEDELAI HITAM, VARIETAS KEDELAI YANG SERING DIGUNAKAN SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN KECAP (SOY SAUCE)

Kedelai Hitam Digunakan Sebagai Bahan Baku Pembuatan Kecap

Kedelai menjadi salah satu jenis kacang-kacangan yang familiar di Masyarakat. Ada banyak bahan makanan tradisional asli Indonesia maupun dari luar negeri yang menggunakan kedelai sebagai bahan baku pembuatnya. Tempe, tauco, oncom, tahu, susu kedelai, hingga kecap kedelai (soy sauce). Kebanyakan kedelai yang beredar dipasaran adalah kedelai dengan biji berwarna kuning. Padahal, varietas kedelai tidak hanya memiliki satu warna saja. Selain kedelai biasa yang berwarna kuning, ada juga varietas kedelai yang memiliki warna cokelat, hijau, serta hitam. Untuk saat ini, yang akan dibahas adalah varietas kedelai dengan biji berwarna hitam atau biasa disebut kedelai hitam. Kedelai hitam adalah varietas kedelai yang sering digunakan sebagai bahan baku utama pembuatan kecap kedelai atau soy sauce.

Ragam Info Terkait Kedelai Hitam Yang Sering Dipakai Sebagai Bahan Baku Dalam Pembuatan Kecap Atau Soy Sauce

Kedelai Hitam Digunakan Sebagai Bahan Baku Pembuatan Kecap
Sumber Gambar : http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/71275/Cara-Budidaya-Kedelai-Hitam-Yang-Menguntungkan/

Biji kedelai hitam atau biasa disebut kedelai hitam saja adalah varietas kedelai dengan warna biji hitam. Sebagai salah satu varietas kedelai, tanaman dari kedelai hitam juga memiliki morfologi yang sama dengan kedelai biasa atau kedelai kuning, serta kedelai hijau, hingga kedelai cokelat. Hanya warna biji saja yang menjadi pembeda antara varietas kedelai hitam dan jenis kedelai lainnya.




Kedelai hitam juga memiliki kandungan gizi yang sama dengan varietas kedelai lainnya, diantaranya protein, lemak, karbohidrat, mineral serta air. Tetapi untuk jumlah presentase kandungan gizi dari tiap varietas kedelai bisa saja berbeda. Dari segi pemanfaatan, jenis kedelai hitam juga bisa dijadikan sebagai produk olahan seperti oncom, tahu, tempe, hingga susu kedelai seperti halnya kedelai lainnya. Namun, pemanfaatan kedelai hitam oleh orang Indonesia lebih sering digunakan sebagai bahan pembuat kecap kedelai (asin atau manis) atau yang dalam Bahasa Inggris disebut sebagai soy sauce. Di China, kedelai hitam juga digunakan secara khusus untuk membuat saus kedelai hitam yang berbau tajam serta mirip dengan tauco, namun memiliki rasa asam. Ada pula jenis olahan kedelai hitam lainnya yang mana ia digunakan untuk membuat asinan yang biasa disebut sebagai douchi.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Kedelai Hitam, Varietas Kedelai Yang Sering Digunakan Sebagai Bahan Baku Pembuatan Kecap (Soy Sauce). Tulisan ini merupakan pemikiran penulis berdasarkan pada pengetahuan, pengamatan, dan juga dari referensi yang penulis ketahui. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Wikipedia. “Kedelai”. https://id.wikipedia.org/wiki/Kedelai (diakses 14 Februari 2022).

“Kedelai Hitam”. https://id.wikipedia.org/wiki/Kedelai_hitam