5 JENIS SAYUR YANG SERING DIJADIKAN LALAPAN

Mengenai Sayur Yang Sering Dijadikan Lalapan

Sayur menjadi salah satu bahan pangan yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Sayur dapat berupa buah, daun, akar, dan batang tanaman. Sayur-mayur juga memiliki nutrisi yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh manusia. Sayur dapat dikonsumi dengan memasaknya terlebih dahulu, namun juga terdapat sayur yang bisa dimakan secara langsung. Orang di Negara kita juga biasa mengkonsumsi sayur dalam keadaan mentah. Lalapan merupakan kegiatan untuk menikmati sayur atau buah sebagai pendamping sambal. Sayur yang dijadikan lalapan jumlahnya banyak. Dan sayuran yang sering dijadikan lalapan menurut penulis ada 5 jenis dibawah ini:

  • Mentimun

 

Sayur Yang Dijadikan Lalapan

Mentimun adalah salah satu jenis buah yang juga biasa diolah mejadi sayuran. Timun merupakan salah satu jenis buah yang biasa dijadikan sebagai lalapan. Biasanya sayur ini dipotong kecil-kecil dengan bentuk bundar ketika dijadikan sebagai sayur lalapan. Selan mentimun biasa, ada juga timun jepang (krai) yang juga menjadi salah satu jenis timun yang biasa dijadikan lalapan.

  • Kemangi

Kemangi juga sayur yang sering muncul sebagai lalapan pada warung, rumah makan, ataupun restoran. Bagian daun dan batang muda kemangi yang dikonsumsi oleh manusia.

  • Kol/Kubis
Kol Atau Kubis
Sumber Gambar : https://jepin.pontianak.go.id/harga_komoditas/kol

Kol atatu yang disebut juga kubis menjadi sayuran yang juga sering dijadikan sebagai lalapan. Sayur ini biasa muncul dengan mentimun dan kemangi sebagai sebuah kesatuan menu lalapan bersama dengan sambal.

  • Pete

Biji Pete yang dikenal akan baunya yang menyengat dengan warna hijau juga biasa untuk dikonsumsi sebagai sayur lalapan oleh orang-orang di Negara Kita.

  • Kacang Panjang

Kacang Panjang menjadi salah satu sayur yang juga bisa dikonsumsi dengan kondisi mentah sebagai lalapan. Sayur ini merupakan bagian buah dari tanaman kacang panjang. Kulit dan biji menjadi bagian yang dikonsumsi dari kacang panjang.

​Demikian penjelasan singkat terkait “5 Jenis Sayuran Yang Sering Dijadikan Lalapan” menurut penulis. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi !

Referensi :

Wikipedia. “Sayuran”. https://id.wikipedia.org/wiki/Sayuran (Diakses 29 Agustus 2020).