KAKAP PUTIH ATAU BARRAMUNDI, IKAN YANG MEMPUNYAI DAGING LEZAT DAN HARGA JUAL TINGGI

Kakap Putih Atau Barramundi

Ikan kakap putih atau biasa disebut dengan barramundi dikenal sebagai ikan dengan harga jual tinggi oleh masyarakat luas. Hal ini karena daging dari ikan kakap putih yang dikenal lembut, tebal, lezat, dan tentunya juga bergizi. Ikan yang satu ini juga tergolong sebagai ikan predator berukuran besar. Panjang tubuhnya dapat mencapai 12 meter lalu beratnya hingga 60 kg. Ikan ini mempunyai habitat di laut, muara dengan air payau, hingga sungai air tawar.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Ikan Kakap Putih Atau Barramundi

Kakap Putih Atau Barramundi
Sumber Gambar : https://id.wikipedia.org/wiki/Kakap_putih#/media/Berkas:Barramundi.jpg

Kakap putih atau barramundi (Lates calcarifer) adalah spesies ikan predator besar bermarga lates dari famili Latidae. Persebaran alami dari ikan ini cukup luas, mulai dari wilayah perairan Samudera Hindia hingga Pasifik bagian barat di Negara-negara Asia Tenggara, Papua Nugini, sampai ke Australia Utara. Di Dunia perdagangan Internasional, ikan kakap putih biasa disebut sebagai Asian sea bass atau Australian sea bass. Ikan kakap putih menjadi salah satu komoditas perdagangan dari sektor perikanan yang bernilai ekonomi tinggi.

Ikan kakap putih tergolong sebagai ikan predator berukuran besar. Panjang tubuhnya lebih dari 1 meter. Sedangkan untuk berat dari ikan ini bisa lebih dari 20 kg. Makanan dari ikan ini adalah hewan-hewan laut berukuran kecil seperti ikan, anakan kepiting, udang, cacing, hingga serangga. Habitat dari ikan ini adalah perairan air tawar seperti sungai, muara sungai dengan air payau, hingga laut yang mempunyai air asin. Kisaran suhu air yang disukai ikan ini antara 26–30°C.

Ikan kakap putih dikenal sebagai sumber protein yang mempunyai daging tebal, lembut, dan rasa yang lezat. Tidak heran jika ia memiliki harga jual yang mahal. Ikan kakap putih juga biasa ditangkap dengan cara dipancing, tarikan yang kuat dari ikan ini menjadi hal yang dicari oleh para pecinta olahraga memancing.



Morfologi Dari Ikan Kakap Putih

Ikan kakap putih mempunyai tubuh ramping, tinggi serta memanjang. Dari punggung ke kepala ikan kakap putih sedikit cekung ke bawah hingga sejajar dengan belakang mata. Warna tubuhnya mulai dari silver hingga hijau zaitun dibagian atas. Mulut dari ikan ini besar dan mempunyai banyak gigi berukuran kecil yang runcing. Rahang atas yang dimiliki kakap putih memanjang hingga ke belakang mata. Tepi bawah tulang pipinya mempunyai gerigi dan duri tajam, begitu pula dengan tutup insang yang memiliki duri-duri kecil serta bergerigi dibagian pangkal atas gurat sisi.

Kakap putih tergolong sebagai ikan bersisik. Ia mempunyai sisik berwarna perak, kecokelatan, hingga kehitaman berukuran besar. Warna sisik ini menyesuaikan dengan lingkungan dia hidup. Sepasang sirip samping ikan ini terletak sedikit di bawah, dekat dengan tubuh bagian bawahnya. Dibagian perut, terdapat sepasang sirip. Lalu dibelakang terdapat sirip dubur. Dibagian punggung terdapat sirip punggung kecil dengan duri runcing dibagian ujung, sedikit kebelakang terdapat sirip punggung bagian belakang yang memanjang dan tinggi. Untuk bagian ekor, ikan ini mempunyai sirip lebar yang tidak bercabang.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Kakap Putih Atau Barramundi, Ikan Yang Mempunyai Daging Lezat Dan Harga Jual Tinggi”. Tulisan ini merupakan pemikiran penulis berdasarkan pada pengetahuan, pengamatan, dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu Dan Keamanan Hasil Perikanan, KKP Republik Indonesia. “Ikan Kakap Putih”. http://www.bkipm.kkp.go.id/bkipmnew/ias/ias_dtl/56 (diakses 05 Mei 2022).

Wikipedia. “Kakap Putih”. https://id.wikipedia.org/wiki/Kakap_putih