MENGENAL TANAMAN HIAS JANDA BOLONG YANG MEMILIKI DAUN UNIK

Janda bolong termasuk sebagai salah satu spesies tanaman dari marga Monstera yang biasa dimanfaatkan sebagai tanaman hias di rumah atau taman. Tanaman yang satu ini dikenal dengan keunikan daunnya yang berlubang bundar hingga oval dibagian tengah daun. Tumbuhan janda bolong sempat hype dan viral dan memiliki harga tinggi saat awal masa pandemi Covid-19 di Indonesia.

Info Tentang Tanaman Hias Janda Bolong (Monstera adansonii)

Tanaman Hias Janda Bolong
Sumber Gambar : https://ppid.serangkota.go.id/detailpost/siapa-yang-tak-tahu-tanaman-janda-bolong-yuk-cari-tahu-manfaatnya

Janda bolong (Monstera adansonii) merupakan spesies tanaman dengan batang merambat yang bermarga Monstera dari Familia Araceae (Talas-talasan). Tumbuhan yang sering dijadikan penghias pekarangan serta taman ini banyak tumbuh di wilayah Amerika Selatan dan Tengah, serta banyak Negara di Samudera Hindia bagian barat seperti Antigua, Dominika, Grenada, Guadeloupe, Marie-Galante, Martinik, Saba, Saint Kitts, Saint Lucia, Saint Vincent, Trinidad serta Tobago.

Saat ini, tumbuhan yang mempunyai daun unik ini telah tersebar di banyak Negara, termasuk juga di Indonesia. Ada banyak sebutan dari tanaman Monstera adansonii di Indonesia, diantaranya: janda bolong, tanaman keju swiss, tanaman bolong lima dll. Tanaman ini dapat ditanam pada wilayah dataran rendah hingga dataran tinggi.

Morfologi dari tanaman ini mudah untuk dikenali. Ia mempunyai daun tunggal berbentuk oval yang besar dengan ujung meruncing. Ditengah daun dari tanaman yang telah dewasa terdapat beberapa lubang yang terbentuk secara alami berbentuk membulat sampai oval. Warna daun sisi atas hijau gelap, sedangkan pada bagian bawah berwarna hijau pucat. Alur pertulangan daunnya menyirip dan berwarna seragam dengan warna lembaran daun.




Daun menempel pada tangkai panjang yang berwarna hijau terang dan mempunyai sedikit pelepah. Tangkai daun menempel pada batang silindris berwarna hijau hingga keabuan. Batang tanaman ini hidup merambat pada tanaman lain atau tiang penyangga. Pada sisi lain dari batang yang ditumbuhi tangkai daun terdapat akar udara yang multifungsi, dapat dijadikan penyerap nutrisi atau makanan, sebagai penguat pegangan tanaman pada tiang, serta bisa digunakan untuk bernafas.

Tanaman janda bolong juga tergolong sebagai tanaman berbunga. Perbungaan tanaman ini berupa bunga majemuk tumbuh dari ketiak daun. Bunga majemuk menempel pada tandan yang berbentuk seperti tandan atau tongkol buah jagung. Rangkaian bunga ini juga ditutupi dengan seludang bunga yang lebar berwarna putih kekuningan dan memiliki ujung lancip. Bunga yang telah mekar dan rontok kemudian akan meninggalkan bakal buah. Bakal buah akan menjadi buah yang berbentuk bulat hingga bulat lonjong yang didalamnya terdapat biji. Buah ini akan ditanam dengan bijinya hingga dapat menghasilkan tanaman baru (reproduksi generatif). Selain perbanyakan lewat biji, tanaman ini juga bisa diperbanyak lewat stek batang yang telah ditumbuhi akar.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Marga Atau Genus Tanaman Hias Monstera”. Tulisan ini juga berdasarkan pengetahuan, pengamatan, pendapat pribadi penulis dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Wikipedia. “Monstera adansonii”. https://id.wikipedia.org/wiki/Monstera_adansonii (diakses 04 Mei 2022).