REBUNG ATAU TUNAS BAMBU BISA DIOLAH MENJADI MAKANAN YANG NIKMAT

Terkait Rebung Atau Tunas Bambu Bisa Diolah Menjadi Masakan Yang Nikmat

Rebung atau tunas bambu muda bisa diolah menjadi masakan yang nikmat dengan segala manfaat nutrisi yang terkandung di dalamya. Mungkin sayur yang satu ini tidak begitu familiar. Walaupun demikian, masakan dengan bahan dari rebung sampai saat ini masih bisa ditemukan. Salah satu masakan dari sayur ini adalah dijadikan sebagai sayur rebung kuah santan. Harga dari sayur ini juga terjangkau, karena di Negara kita sumber daya alam berupa tanaman bambu juga cukup melimpah. Batang bambu memang dikenal dengan kekuatannya yang bisa menjadi material bangunan dan juga kerajinan peralatan rumah. Namun ketika masih muda, beberapa jenis bambu tunasnya juga dapat dijadikan sebagai bahan pangan.

Rebung adalah tunas muda dari tanaman bambu yang masih lunak berbentuk kerucut dengan warna coklat- kehitaman. Kulit yang berwarna coklat-kehitaman tersebut kemudian dikupas untuk mendapatkan bagian inti yang bisa dimasak. Bagian tunas tanaman bambu muda yang diolah memiliki warna putih kekuningan dan belum memiliki rongga pada bagian tengahnya seperti halnya bambu. Kehati-hatian diperlukan untuk mengupas kulit rebung, karena jika tidak hati-hati bisa terkena bulu halus tanaman ini yang bisa menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Dan ketika terkena bulu halus yang gatal tersebut, cara menghilangkannya adalah digosokkan ke rambut kepala.

Jika tidak tahu jenis bambu apa yang rebungnya bisa dimakan, bertanyalah pada orang yang tahu tentang hal ini. Dan Apabila tidak mempunyai tanaman bambu atau tidak ingin repot untuk mengambil dari rumpun bambu untuk kemudian diproses dengan mengupas kulitnya yang memiliki bulu-bulu gatal itu. Akan lebih mudah dengan membeli sayur ini dipasar tradisional atau tukang sayur keliling. Pada saat musimnya rebung bisa ditemukan dan dibeli dengan mudah untuk kemudian dimasak menjadi opor atau masakan yang lainnya.

Demikian penjelasan singkat mengenai “Rebung Atau Tunas Bambu Bisa Diolah Menjadi Masakan Yang Nikmat“. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi ! Terima Kasih !

Galeri Gambar :

Rebung Bisa Diolah Menjadi Masakan

Rebung Bisa Diolah Menjadi Masakan