STRELITZIA (TANAMAN BUNGA BURUNG DARI SURGA), KELOMPOK TANAMAN DENGAN BUNGA INDAH

Tanaman Strelitzia Dengan Bunga Indah
Tanaman Strelitzia Dengan Bunga Indah
Sumber Gambar : https://en.wikipedia.org/wiki/Strelitzia#/media/File:Bird_of_Paradise_(2367720567).jpg

Info Tentang Tanaman Strelitzia (Tanaman Burung Dari Surga)

Strelitzia (Tanaman Bunga Burung Dari Surga) adalah sekelompok tanaman terna tahunan anggota genus Strelitzia, familia Strelitziaceae yang kerap dijadikan sebagai tanaman hias. Dengan bunga yang indah, tanaman strelitzia ini bisa memperindah tampilan taman atau halaman rumah. Tanaman bunga burung dari surga ini berasal dari Afrika Selatan. Nama strelitzia sendiri diberikan oleh Ratu Charlotte dari Inggris.

Anggota genus tanaman strelitzia yang juga disebut sebagai bunga bangau ini mempunyai 5 spesies, yaitu:

  • Strelitzia alba / Sterlitzia augusta (burung cendrawasih putih), sebaran aslinya di pesisir paling selatan Eastern dan Western Capes, Afrika Selatan.
  • Strelitzia caudata (strelitzia gunung), asalnya dari pegunungan Chimanimani di Zimbabwe, Mozamabik, dan Eswatini.
  • Strelitzia nicolai (cendrawasih putih raksasa atau cendrawasih liar, pisang liar, dan strelitzia biru putih), sebaran aslinya di wilayah Mozambik, Botswana, Zimbabwe, dan Afrika Selatan bagian Timur serta Utara.
  • Strelitzia reginae atau Strelitzia parvifolias (strelitzia cendrawasih atau bakung bangau), asalnya dari Afrika Selatan (Provinsi Cape dan KwaZulu-Natal).
  • Strelitzia juncea Ker Gawl. (pisang gurun pasir Afrika), asalnya dari Afrika selatan (Uitenhage, Patensie, dan Port Elizabeth bagian Utara).




Tanaman ini mempunyai batang lunak atau terna yang tegak. Spesies tanaman terbesar dapat memiliki tinggi 10 meter. Namun umumnya, tingginya 2-3,5 meter. Daun tanaman besar dan panjang mirip dengan daun pisang, tapi tangkai tanaman strelitzia lebih panjang. Panjang daun bisa sampai 2 meter dan lebar hingga 80 cm. Rangkaian daun menyamping dan tampak seperti kipas.

Perbungaan tanaman adalah bunga majemuk. Bentuk perbungaan horisontal muncul dari semak yang kokoh. Bunga mempunyai mahkota yang panjang dengan ujung lancip. Rangkaian mahkota dari tanaman ini berbentuk seperti burung yang sedang mengepakkan sayapnya. Bunga Strelitzia tidak menghasilkan serbuk sari ringan yang biasanya dapat terbawa angin. Penyerbukan bunga biasa dilakukan oleh sunbirds yang hinggap dan minum dari spathe. Di wilayah yang tidak terdapat sunbirds, penyerbukan tanaman ini dilakukan oleh manusia agar tanaman bisa menghasilkan biji.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Strelitzia (Tanaman Bunga Burung Dari Surga), Kelompok Tanaman Dengan Bunga Indah“. Tulisan ini merupakan pemikiran penulis berdasarkan pada pengetahuan, pengamatan, dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Wikipedia. “Strelitzia”. https://en.wikipedia.org/wiki/Strelitzia (diakses 13 September 2022).