OPOR MENJADI SALAH SATU KULINER TRADISIONAL YANG MASIH BISA DITEMUKAN HINGGA KINI

Mengenai Opor Sebagai Salah Satu Kuliner Tradisional Yang Masih Bisa Ditemukan Hingga Kini

Nenek moyang kita telah mewariskan banyak kekayaan bagi generasi penerusnya. Dan masakan menjadi salah satu warisan tersebut yang masih bisa ditemui sampai kini. Opor menjadi salah satu kuliner tradisional Nusantara yang hingga kini masih dibuat dan dikonsumsi. Menu ini tidak hanya dibuat oleh rumahan, akan tetapi juga dijual oleh pelaku usaha kuliner. Masakan opor juga sering disebut dengan sebutan sayur santan. Hal ini karena kuah dari salah satu kuliner tradisional warisan nusantara ini dibuat dengan santan kelapa. Santan memang dikenal sebagai salah satu bahan masakan tradisional. Makanan dan minuman tradisional yang menggunakan hasil perasan dari daging kelapa yang diparut ini pun jumlahnya tidak sedikit.

Untuk lauk atau isian dari jenis kuah santan yang satu ini cukup banyak variasinya. Ikan tongkol dan ikan pari, adalah dua contoh ikan yang bisa dimasak menjadi opor. Sedangkan untuk bahan opor dari hewan ternak, ada daging ayam serta daging bebek biasa  diolah sebagai kuliner ini. Jenis telur seperti telur ayam, bebek, dan puyuh yang menjadi jenis telur yang boleh dikonsumsi masyarakat juga dapat menjadi pilihan bahan makanannya. Tempe dan tahu juga menjadi salah satu bahan yang bisa di ikutkan dalam masakan opor.

Kuliner Opor tidak hanya dibuat sebagai masakan yang dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Ketika acara tradisional juga sering menyajikan opor sebagai hidangannya. Jadi, opor itu tidak hanya bernilai sebagai masakan saja, akan tetapi juga memiliki nilai penting di masyarakat dan merupakan salah satu hasil warisan budaya nenek moyang. Demikian penjelasan singkat tentang “Opor Menjadi Salah Satu Kuliner Tradisional Yang Masih Bisa Ditemukan Hingga Kini” menurut penulis. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau informasi, Terima Kasih !